like box fb boslanga

LightBlog

Breaking

LightBlog

Senin, 07 Januari 2013

Mie Aceh

Siapa yang tak kenal dengan  Mie Aceh!!!, dalam benak kita pastinya kalau ada yang menyebut mie aceh  yang terbayangkan adalah mie kuah atau goreng dengan cita rasa kare yang kental.

Mie Aceh adalah masakan mie pedas khas Aceh di Indonesia. Mie kuning tebal dengan irisan daging sapi, daging kambing atau makanan laut (udang dan cumi) disajikan dalam sup sejenis kari yang gurih dan pedas.

Bahan dasar pembuatan makanan ini tentu saja mie. Tetapi, mie yang digunakan berbeda dengan mie-mie yang biasa Anda sajikan di rumah-rumah. Mie untuk membuat Mie Aceh ini berbentuk pipih dan lebar, tidak seperti mie kebanyakan yang bulat dan membentuk seperti pipa. Warna mie untuk membuat makanan ini juga cenderung kuning terang. Tidak pucat seperti  mie-mie telor.


Mie Aceh tersedia dalam dua pilihan. Goreng dan kuah. Anda bisa bebas memilih mie mana yang akan dicicipi. Tenang saja, karena keduanya memiliki citarasa yang lezat. Terang saja lezat, karena Mie Aceh ini diracik dengan bumbu-bumbu khas Aceh.


Bumbu yang digunakan dalam pembuatan Mie Aceh ini semacam kari. Citarasa semakin lezat ketika bahan-bahan seperti daging sapi atau makhluk-makhluk laut (udang, cumi dan ikan) ikut serta dicampurkan sebagai bahan pelengkap. Aroma masakan ini semakin canggih ketika ditaburi oleh bawang goreng, daun bawang, dan seledri.

Mie Aceh cocok disantap saat cuaca sedang dingin, terutama Mie Aceh Kuah. Kuah dalam setiap porsinya akan berhasil menghangatkan badan Anda. Menyantap Mie Aceh semakin sempurna ketika Anda melengkapinya dengan emping goreng, potongan bawang merah dan mentimun, serta membubuhkan sedikit air perasan jeruk nipis.

Bahan utama resep mie aceh:

400 gr mi kuning basah yang gilik
350 ml kaldu sapi
250 gr daging kambing potong kotak 1 cm, tebal 1/2 cm
3 buah bawang merah, iris halus
2 siung bawang putih, iris halus


100 gr taoge
½ sdt cabai bubuk
2 sdm kecap manis
1 buah tomat potong-potong
1 btg daun seledri, iris halus
1 btg daun bawang, iris halus
1 1/2 sdt garam
3 sdm minyak goreng


Bumbu Halus resep mie aceh:

3 buah cabai merah
6 buah bawang merah
3 siung bawang putih
3 cm kunyit
3 buah kapulaga
¼ sdt jintan
½ sdt merica


Bumbu  Pelengkap:

emping goreng
Acar ketimun dan wortel



Langkah pembuatan resep mie aceh:


1. Tumis bawang dan bumbu halus sampai harum, masukkan daging kambing sambil diaduk hingga berubah warna.

2. Tambahkan kaldu, tutup wajan, masak sampai daging lunak dan kuah mengental.
3. Masukkan mi, seledri, daun bawang dan garam, aduk rata. Tambahkan kecap manis, cabai bubuk, tomat dan taoge, aduk hingga layu dan bumbu meresap.
4. Angkat, sajikan dengan pelengkap.

Untuk 4 porsi mie aceh.

Selamat mencoba resep mie aceh ini semoga hasilnya mantap. Anda bisa memodifikasi resep mie aceh ini sesuai dengan selera keluarga Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox