like box fb boslanga

LightBlog

Breaking

LightBlog

Sabtu, 19 Januari 2013

Lempok


Lempok adalah dodol dengan bahan utama dari buah durian yang merupakan makanan olahan tradisional pada beberapa daerah penghasil durian di Indonesia. bentuknya mirip dengan dodol, namun pada dasarnya lempok  durian berbeda dengan dodol durian.
Jika dodol bahan bakunya merupakan campuran dari beberapa bahan yang didominasi tepung beras ketan sebagai bahan baku utama,sedangkan campuran durian hanya sebagai penambah aroma dan rasa.
 
Berbeda dengan dodol Durian, hampir 100% bahan baku Lempok Durian adalah daging buah durian matang yang bersih, ditambah sedikit gula pasir yang fungsinya sebagai pengawet alami. Pembuatan lempok ini dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat dengan teknologi sederhana. Pada mulanya Lempok Durian diproduksi untuk memanfaatkan buah durian yang berlimpah pada saat musim durian tiba,... nah, supaya daging buah2 durian yang biasanya sangat banyak pada saat panen tersebut tidak terbuang sia-sia, daging buah durian diolah sedemikian rupa sehigga bisa awet untuk disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga  mereka tetap bisa menikmati durian pada saat musim durian telah usai.
 
Lempok Durian biasanya banyak dikenal di beberapa wilayah Indonesia, terutama Pontianak, Palembang,  Riau, Samarinda dan Medan, bahkan beberapa wilayah di negara Malaysia dan Brunei Darussalam pun mengenal kuliner lempok durian sebagai makanan khas daerah mereka.

Cara pembuatan Lempok Durian di masing2 daerah biasanya hampir mirip, namun yang membedakan adalah cara pengemasan. Ada yang di cetak persegi panjang, ada yang silinder, bahkan ada juga yang dicetak seperti permen. Namun pada dasarnya cara pembuatan dan bahan bakunya sama.

Potensi pasar lempok sangat tinggi baik dalam maupun luar daerah, hal ini dapat dilihat dari bahan utama yang digunakan dalam dodol ini sangat digemari oleh banyak konsumen. Dengan harga lempok yang relatif mahal, lempok akan memberikan nilai tambah yang sangat menguntungkan bagi produsen.

Berikut ini adalah proses pengolahan dodol lempok:

Bahan dan Alat
Durian masak            : 4-5 kg
Gula pasir                  : 1 kg
Garam                       : 1 sendok teh
Pisau besar
Tungku
Pengaduk
Plastik pembungkus

Cara Pengolahan
1.    Durian dibuka dan dimbil isinya.
2.    Pisahkan daging buah dari isinya
3.    Tambahkan gula pasir sebanyak 1 kg untuk setiap daging buah sebanyak 4-5 kg dan 
       sendok teh garam.
4.    Semua bahan dinmasukkan ke dalam kuali yang diletakkan pada tungku. Tungku    
dibuat dari drum bekas dibagi dua (setengah bagian drum) kemudian dibuat lubang kayu
5.    Bahan yang ada di kuali diaduk terus menerus, Api jangan terlalu besar. Lama pengadukan sekitar 3-4 jam.
6.    Lempok siap diangkat dan dianggap matang jika sudah tidak lengket di pengadukan.
7.    Lempok siap dikemas dalam plastik dan diberi label.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox