like box fb boslanga

LightBlog

Breaking

LightBlog

Minggu, 13 Januari 2013

Sate Bandeng

Sate Bandeng adalah masakan khas Banten. Makanan ini diperkenalkan oleh Sultan Maulana Hasanuddin untuk para tamunya dengan maksud agar para tamu tidak ketulangan dikarenakan duri dari ikan bandeng tersebut

Sate Bandeng terbuat dari ikan bandeng yang dihancurkan dagingnya tanpa merusak kulit. Setelah lembut daging dikeluarkan lewat mulut kemudian dibuang durinya dan diberi bumbu, di blender, lalu dimasukan kembali ke dalam selongsong kulit tadi. Setelah itu dijepitkan diantara dua bilah bambu baru kemudian di bakar.
Sate bandeng ini mempunyai rasa yang gurih.Tu dikarenakan selain daging ikannya bumbu peracik juga ditambahi santan, bawang merah, bawang putih. Kalau mau rasa lebih nendang sate bandeng bisa dibuat lebih pedas atau lebih manis. Namanya sate bandeng asam manis.

Proses pembuatan bandeng ini memakan waktu yang cukup lama, dari pagi hingga sore hari.  Untuk bisa mendapatkan rasa sate bandeng yang benar-benar gurih dan nikmat, bandeng yang digunakan haruslah yang segar. Olahan sate bandeng ini dapat bertahan sampai tiga hari. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membeli panganan ini sebagai oleh-oleh ketika Anda berkunjung ke Banten ya.
 
 
Berikut tips - tips cara membuat Bandeng
 
 Bahan resep sate bandeng:
  • Ikan bandeng yang telah dibersihkan dan dibuang isi perutnya

Bumbu :
  • Petis Udang
  • Kecap
  • Cabe Rawit
  • Garam
  • Kacang tanah goreng


Cara membuat Sate Bandeng:
  1. Setelah bandeng direndam bahan perendam (garam dan air jeruk nipis) bakar dengan api kecil dengan mempergunakan arang batok kelapa.
  2. Bolak balik bandeng bakarnya kemudian angkat dan letakkan ke dalam piring saji.
  3. Goreng kacang tanah dan haluskan dengan cabe rawit.
  4. Masukkan petis udang dan haluskan kembali.
  5. Terakhir masukkan kecap dan aduk.
  6. Siram ke atas bandeng dan bakar kembali sebentar.
  7. Siram kembali bandeng dengan sisa bumbu.
  8. Hidangkan dengan potongan bawang merah.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox